Tips Menghindari Bullying

Tips Menghindari Bullying - Hallo sahabat TRIK BRO, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Tips Menghindari Bullying, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel kesehatan, Artikel sosial, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Tips Menghindari Bullying
link : Tips Menghindari Bullying

Baca juga


Tips Menghindari Bullying




Orang orang zaman sekarang, pasti tau tentang "Bullying". Gak mungkin kalau gak tau tentang bullying karena sudah kerap sekali kita mendengar berita tentang “Bullying” dari televisi, radio, sosmed, ataupun kita sebagai pelaku maupun korban.

Tapi kalian tahu nggak sih arti dari "Bullying"?

         "Bullying" dari negara asalnya yaitu Inggris berarti "A person who uses strength or influence to harm or intimidate those who are weaker." yang jika diartikan ke bahasa Indonesia yaitu "Seseorang yang menggunakan kekuatan atau mempengaruhi atau membahayakan atau mengintimidasi orang yang lebih lemah".Dari artinya aja sudah gak cool.

Para ahli kejiwaan membagi bullying menjadi beberapa jenis, antara lain : 

1. Bullying fisik. Bullying fisik adalah bullying yang paling sering di lakukan, misalnya seseorang mem-bully dengan cara memukul, menendang, dan aktivitas fisik lainnya yang menimbulkan rasa sakit. 
2.   Bullying verbal. Salah satu bullying di sekolah atau kampus yang juga sering di lakukan adalah dengan melakukan bullying secara verbal (dengan kata-kata atau ucapan kasar) yang ditujukan untuk menyakiti perasaan, mempermalukan, atau membuat korbannya tidak berdaya. 
3.  Bullying emosional. Bullying emosional juga sering terjadi di sekolah atau di kampus. Contoh bullying emosional adalah pelaku bullying melakukan intimidasi kepada korbannya. Sehingga korban merasa tertekan, merasa kesepian, dan merasa terisolasi. 
4.  Cyber bullying. Tindakan bullying juga bisa di lakukan lewat media internet atau teknologi digital. 

Biasanya para lelaki membully lebih ke Bullying fisik dan Bullying verbal, sedangkan wanita lebih ke Bullying Verbal dan Bullying Emosional.

          Menurut riset dari LSM Plan International dan International Center for Research on Women (ICRW) yang dirilis awal Maret 2015 ini menunjukkan fakta mencengangkan terkait kekerasan anak di sekolah. Terdapat 84% anak di Indonesia mengalami kekerasan di sekolah. Angka tersebut lebih tinggi dari tren di kawasan Asia yakni 70%. Bisa kalian Check di Riset LSM Plan International dan ICRW - Liputan 6

Tips dan cara menghindari Bullying  

1. Acuhkan setiap omongan/ perbuatan mereka 
Jika mereka mongolok-olok, menghina, mengejek, dan menjahilimu, lebih baik kamu diam dan menganggap seolah tidak terjadi apa-apa sehingga mereka akan bosan dengan sendirinya. 

2. Respon Bullying dengan cara yang halusJika cara pertama gagal, maka cobalah untuk Menanggapinya dengan halus dan sopan. Cara ini mungkin terlihat lebih berani karena namun harus dicoba seperti berdialog dengan sopan dan tidak menyinggung dengan yang bersangkutan, memberikan senyuman, atau alihkan dengan berpura-pura terburu-buru. 

3. Mencari tempat Sharing yang tepat 
Mungkin ini bisa menjadi tips yang penting karena mereka yang menerima curhatan, uneg-unegmu dengan begitu teman curhatmu pasti akan memberikan cara-cara yang baik untuk menghindari "Bullying-Bullying"  berikutnya. Seperti contoh Orang tua adalah tempat curhat yang terbaik. 

4. Mencoba untuk Mengintrospeksi  Diri
 Belajarlah dari kesalahan-kesalahanmu yang dulu, mungkin saja ada hal-hal memilukan yang akan dijadikan bahan ejekan karena kesalahan kecilmu. Pelaku Bullying pasti akan mencari-cari kesalahanmu dimasa lalu. 

5. Tunjukkan hal yang kemampuan terbaik dari dirimu
Terkadang pelaku-pelaku Bullying belum tau yang sebenarnya tentang dirimu, jadi tetap asah skill dan kemampuanmu lalu tunjukkan dirimu yang sebenarnya pada mereka tetapi ingat jangan pernah melampaui batas.

6. Laporkan ke pihak yang berwenang atau orang tua anda 
Jika kamu menjadi korban bullying di sekolah atau kampus, maka kamu harus segera melaporkannya dan melakukan konseling kepada pihak yang berwenang di sekolah atau kampus tersebut. Misalnya wali kelas, kepala sekolah, atau petugas kesiswaan. apabila kamu takut untuk menyampaikannya disekolah maka anda harus melaporkannya ke orang tua anda untuk mengusut masalah ini. 

7. Memberi tahu kesalahan mereka
mungkin tips ini begitu extream namun percayalah teman, jika kalian melakukan hal benar dan konsisten pasti lambat laun mereka akan sadar dengan sendirinya.
 


8. Percaya Diri 
Setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihan. Meskipun orang lain mencoba menjatuhkan harga diri kamu dengan menyebut kekurangan-kekurangan kita, maka kita harus selalu ingat bahwa kita memiliki kelebihan di sisi lain.

Itulah beberapa tips dari saya semoga bisa bermanfaat namun semua pilihan itu ada pada dirimu karena yang mengubah nasib adalah dirimu sendiri, jangan pernah ragu untuk melawan yang salah, teman Dan Bullying itu gak Cool loh.







Demikianlah Artikel Tips Menghindari Bullying

Sekianlah artikel Tips Menghindari Bullying kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Tips Menghindari Bullying dengan alamat link https://trik-bro.blogspot.com/2017/10/tips-menghindari-bullying.html

0 Response to "Tips Menghindari Bullying"

Post a Comment